FORMAT BOGOR : Mengkaji Lebih dalam Perpres No. 20 Tahun 2018.

Maraknya isu yang beredar di tengah masyarakat mengenai Tenaga Kerja Asing membuat mahasiswa Bogor yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Talas (FORMAT) Bogor terpantik mengkaji lebih dalam mengenai Perpres No. 20 Tahun 2018.

Forum Mahasiswa Talas (FORMAT) Bogor

Diskusi yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus di Bogor tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna Mahasiswa Islam (GSMI), Dramaga, Bogor, Senin (30/04/2018)

Sebagai pemantik diskusi yang hadir, yakni Lestari Agusalim dan Jesus Anam. Keduanya menyampaikan perspektif masing masing mengenai isu Tenaga Kerja Asing (TKA) lewat lahirnya Perpres No. 20.

“Kehadiran TKA sebetulnya tidak berjalan signifikan dengan peningkatan nilai Investasi di Indonesia. 14 TKI nilai devisanya sebanding dengan 1 TKA, tentu ini kenyataan pahit,” ujar Luken.

Sementara itu, Jesus mengungkapkan bahwa yang namanya buruh di negara manapun, posisi mereka sama. Sama sama kelas pekerja yang tidak punya kuasa terhadap nilai produksi.

“Isu TKA rentan digoreng oleh pihak berkepentingan. Jika mau membela masyarakat kecil, harusnya yang dibahas adalah proses penyejahterahan buruh buruh Indonesia,” tutur Jesus.

Kemudian closing statment oleh Ketua PMKRI Cabang Bogor
Okto Nahak mengatakan, FORMAT Bogor yang dalam aktivitasnya dapat menjadi wadah menampung segala aspirasi dan solidaritas pergerakan dan perjuangan Mahasiswa di wilayah Bogor. FORMAT Bogor memulai aktivitasnya dengan Diskusi santai dan mengusung tema ‘Kritik terhadap Perpres no 20 tahun 2018. Artinya ada focus isu bersama yang diangkat untuk memberikan kritik dan kontrol kepada Negara khususnya wilayah kabupaten dan kota Bogor.

Menanggapi isu TKA dan Hari buruh 1 mei ini, Okto Nahak menyatakan tidak serta merta kita menolak atau menerima begitu saja perpres no 20 ini. Ini perlu kajian yang komprehensif baik dari aspek hukum,ekonomi, politik, historis dan lainnya agar tidak terkesan asal bunyi, apalagi tahun 2018 dan 2019 adalah tahun politik. Sangat rentan setiap isu baik SARA maupun isu yang lain di jadikan alat politisasi, Tukasnya.

Sebagai informasi, FORMAT Bogor adalah komunitas yang diinisiasi oleh HMI Bogor dan PMKRI Bogor beserta organisasi mahasiswa eksternal lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*